Pentingnya Parental Controls Pada Gadget


Teknologi dan informasi tidak dapat kita bendung melainkan kita harus mengantisipasinya. Teknologi yang paling besar pengaruhnya dalam kehidupan saat ini yaitu kehadiran smartphone. Indonesia merupakan negara ke-5 paling besar pengguna smartphone setelah China, Amerika Serikat, India, Brazil, dan Jepang. 

Pengguna smartphone di Indonesia mencapai 14% pada tahun 2014 dan kemungkinan akan mencapai 16% pada tahun 2017, jadi dapat dipastikan penduduk perkotaan di Indonesia sudah menggunakan smartphone. 

Foto: Inustrasi Parental Control, www.thetruthspy.com


Smartphone sangat baik untuk mendukung berbagai aktifitas kita, namun lain halnya apabila dipergunakan oleh mereka yang kurang bertanggungjawab atau anak-anak. Bisa berdampak negatif bahkan dapat merugikan keluarga dan orang lain. 

Tidak sedikit konten-konten negatif yang muncul dari gadget, seperti film dewasa yang bebas ditonton siapa saja, game yang berisi kekerasan, iklan-iklan yang cenderung konsumerisme, dan tentunya berpengaruh terhadap biaya akan semakin besarnya pengeluaran keluarga.

Setiap gadget sudah dilengkapi dengan konten-konten untuk membatasi hal-hal negatif, namun tidak semua pengguna dapat memanfaatkan konten tersebut. Disinilah perlunya kontrol dari orang tua untuk mengantisipasi hal-hal negatif tersebut. Langkah sederhana yaitu memanfaatkan "Parental Controls" bawaan gadget atau menginstal aplikasi dari pihak ketiga. 

Parental controls ini tidak menjamin 100% anak-anak kita akan terbebas dari hal-hal negatif gadget. Namun sekiranya dapat meminimalisir konten-konten yang berbahaya bagi mereka. Karena yang paling utama yang dapat membendung konten-konten negatif itu sendiri adalah kebiasaan hidup dan seberapa kuat penanaman nilai-nilai dalam keluarga.


Langkah-langkah yang adapat dilakukan oleh keluarga diantaranya: 
  1. Sebisa mungkin menghindari penggunaan gadget di depan anak-anak (apalagi berlama-lama untuk membuka sosial media, dengan asiknya tertawa-tawa). 
  2. Diberikan paket internet untuk fungsi sosial media saja (terutama untuk WA, BBM) hanya untuk memudahkan komunikasi.
  3. Seimbangkan jadwal belajar dengan penggunaan gadget.
  4. Pilihlah film yang sesuai dengan anak, kemudian download (dengan metode offline).
  5. Setting Parental Controls sebelum diberikan kepada mereka.


Langkah-langkah untuk mengaktifkan parental controls di Android dan iOS filenya dapat di download Disini.

Selamat mencoba mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment for "Pentingnya Parental Controls Pada Gadget"